Info kesehatan kulit, cara merawat kesehatan kulit wajah, kesehatan rambut, cara menghilangkan jerawat,

Manfaat Lidah Buaya untuk kesehatan kulit

by Moeh Daffy , at 5:58 PM
Bagikan Artikel ke :
Lidah buaya sudah terkenal untuk perawatan rambut, banyak sekali shampoo terkenal yang menggunakan jasa si lidah buaya, disini kami akan menjabarkan fungsi lidah buaya untuk kesehatan kulit:

 1.Lidah buaya dapat mengatasi radang kulit, Radang kulit sering kali muncul, misalnya akibat sinar X kala operasi, terpapar sinar matahari terlalu lama ataupun luka akibat trauma. Banyak ahli yang mengandalkan cairan (gel) yang diambil dari daging daun lidah buaya untuk mengatasi keluhan/gangguan ini.

2. Lidah buaya dapat di gunakan untuk merawat kulit, Lidah buaya juga melembapkan kulit. Khasiat ini sudah dikenal sejak zaman Cleopatra. Tak heran kalau hampir 70% produk kosmetik saat itu intisarinya adalah gel lidah buaya. Zat lignin yang dikandungnya diyakini dapat menembus sekaligus meresap ke dalam kulit serta menahan hilangnya cairan dari permukaan kulit. Dengan demikian kulit jadi tidak cepat kering sementara kelembapannya tetap terjaga.

3. lidah buaya dapat menyembuhkan kulit yang terbakar matahari caranya: sari lidah buaya dan beri beberapa tetes air jeruk lemon. Masukkan kapas dalam campuran tersebut, lalu usapkan dengan lembut pada kulit. Diamkan sekira 10 menit kemudian bilaslah dengan air suam-suam kuku. Ini akan membantu menghilangkan efek buruk sinar matahari sekaligus melembapkan kulit Anda.

4. Kandungan yang ada Di Lidah Buaya banyak sekali, terbukti menyimpan zat-zat penting seperti vitamin A, B1, B2, B3, B21, C, E, kolin, inositol, dan asam folat. Kandungan mineralnya adalah kalsium, magnesium, potasium, sodium, besi, zinc, dan kromium. Kandungan enzim-enzimnya, antara lain amylase, catalase, cellulose, carboxypeptidase, carboxyhelolase, dan brandykinase yang semuanya amat penting bagi metabolisme tubuh. Lidah buaya pun ternyata memiliki kandungan beragam asam amino, yakni arginine, asparagin, asparatic acid, analine, serine, valine, glutamat, threonine, glycine, lycine, yrozine, proline, histidine, leucine, dan isoliucine.

5. Lidah buaya juga dapat mencerahkan wajah caranya: Untuk mendapatkan kulit wajah bersinar dan alami, campurkan ekstrak lidah buaya dengan air mawar. Oleskan dengan tebal pada wajah dan sekitar mata. Beri pijatan lembut selama 2-3 menit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati. Diamkan sekira 15-20 menit, lalu bilaslah dengan pembersih wajah atau air dingin. Untuk hasil terbaik, pakailah satu pekan sekali.

6. Lidah buaya juga dapat menghilangkang jerawat, Lidah buaya dianggap sebagai pembersih wajah terbaik. Tanaman ini dapat membantu Anda menghilangkan jerawat dan mengecilkan pori-pori wajah. Ambilah satu batang lidah buaya dan rebuslah air mendidih. Haluskan hingga menjadi pasta dan tambahkan madu. Aduk madu hingga larut dalam air panas, kemudian oleskan wajah terutama pada kulit yang berjerawat. Biarkan hingga kering atau sekira 15 menit, bilas dengan lembut menggunakan air dingin.

7. Lidah buaya juga dapat menyembuhkan ruam pada kulit, Orang yang memiliki kulit sensitif sering mengalami ruam atau kemerahan pada kulit. Mereka harus waspada dengan produk kulit apapun yang akan dipakai. Campurlah gel lidah buaya, jus mentimun, yoghurt tawar hingga menjadi pasta. Oleskan campuran ini pada wajah dan bilas setelah 10-15 menit. Perawatan ini baik untuk kulit sensitif. Anda tidak hanya akan merasa segar, namun ruam pada wajah juga hilang dengan alami.

Khasiat lidah buaya

Sepanjang hari kulit kita diterpa dengan polusi, kotoran dan elemen lain dari lingkungan. Jika Anda bermasalah dengan jerawat atau memiliki kulit berminyak sangat penting untuk membersihkan wajah setelah keluar rumah. Dan lidah buaya bisa jadi pilihan bagus untuk perawatan wajah. Berbagai kandungan mengganggu yang melayang di udara biasanya menempel pada kulit berminyak dan dapat menyebabkan noda yang memperburuk keadaan kulit bermasalah. Ph pada lidah buaya mengembalikan keseimbangan kulit sekaligus membersihkan kulit yang bernoda. Anda bisa membasuh bekas olesan lidah buaya di wajah ini dengan air bersih.

Kandungan senyawa kimia pelepah lidah buaya lebih dari 200 jenis. Bagian terbesar kandungan gel lidah buaya adalah air (98,5%), karbohidrat (0,3%), asam amino, lipid, sterol, tanin, dan beberapa enzim.

Keistimewaan lidah buaya ini terletak pada gel-nya mengandung lignin yang mampu menembus dan meresap ke dalam kulit sehingga membuat kulit tidak cepat kering dan selalu kelihatan lembab. Lendir ini akan menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Kandungan lidah buaya di dalam produk kosmetik tersebut membantu meningkatkan kadar oksigen yang be’rguna bagi kulit, membantu menguatkan jaringan kulit sehingga tidak mengendur, serta membantu mencegahpenuaan dini.

Menurut Kardarron, lidah buaya mengandung saponin yang mempunyai kemampuan membunuh kuman, serta senyawa antrakuinon dan kuinon sebagai anti biotik dan penghilang rasa sakit. la juga merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

Selain itu, menurut Wahyono E dan Kusnandar (2002), lidah buaya berkhasiat sebagai anti inflamasi, anti jamur, anti bakteri dan membantu proses regenerasi sel. Di samping menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.

Namun, yang perlu diingat, menurut Dr. Freddy, sifat tanaman lidah buaya hampir mirip dengan buah apel yang bila habis digigit langsung berwarna cokelat. Hal itu bisa menjadi tanda lidah buaya telah teroksidasi, sehingga beberapa zat yang dikandungnya rusak.

Sebagai penyembuh luka, lidah buaya membantu untuk mengembalikan jaringan kulit yang luka [yang kutahu pada bidang kedokteran gigi biasanya digunakan sebagai obat sariawan, komponen utama dalam aloclair oral rinse]. Untuk kegunaan ini biasanya dengan menggunakan gel lidah buaya yaitu bagian berlendir yang diperoleh dengan menyayat bagian dalam daun setelah eksudat dikeluarkan, yang juga digunakan untuk membantu mengatasi masalah eksternal seperti masalah pada kulit, mulai dari luka bakar, jerawat hingga masalah kulit akibat gigitan serangga.

Gimana sih caranya

Gampang banget. Sebelum memakai lidah buaya kita cuci muka dulu. Bisa juga ditambah pilling kalo mau. Kupas kulit lidah buaya dan ambil daging yang berlendir, lalu dioleskan secara merata ke wajah. Reaksi gatal yang ditimbulkan biasanya hanya sementara dan disebabkan karena kulit kita kadang masih beradaptasi dan kurang bersih ketika mengupas kulitnya yang mengandung getah dan bikin gatal. Karena berbahan dasar organik dan tanpa pengawet, lidah buaya aman digunakan sesering mungkin. Aku dan belalang ica biasa pake tiap abis sholat shubuh, menjelang sholat maghrib, dan menjelang tidur
Moeh Daffy
About
Manfaat Lidah Buaya untuk kesehatan kulit - written by Moeh Daffy , published at 5:58 PM, categorized as Kesehatan Kulit Tubuh
Comment disabled
Copyright ©2013 Info kesehatan kulit by

ikk