Home » » cara alami mengobati kulit terkena minyak goreng atau luka bakar

cara alami mengobati kulit terkena minyak goreng atau luka bakar

Ketika terjadi hal diatas adalah bagaimana pertolongan pertama yang benar ketika hal tersebut baru saja terjadi, baik ketika hal tersebut terjadi pada diri kita, buah hati kita, atau orang lain. Karena hal ini sangatlah mudah terjadi khususnya pada anak kecil buah hati kita. Ada yang bilang disuruh mengoleskan odol (baca: pasta gigi) pada area yang terkena benda panas tsb, ada lagi yang menyuruh bagian yang terkena panas tsb untuk direndam dalam air, tetapi ada juga yang malah melarangnya. Ada lagi yang menyuruh untuk mengolesi madu, dll dsb… Tentunya tindakan-tindakan tersebut bertujuan untuk menghindari agar kulit tidak “melepuh”. Bingung memilihnya bukan ?!??



Berikut adalah cara cara menggunakan bahan alami untuk mengobati luka bakar :

Mentimun dan Kentang

Ambil sepotong mentimun dan sepotong kentang dengan bagian perbandingan yang sama. Kupas dan cuci bersih. Haluskan dengan blender. Oleskan pada badan/luka bakar. Campuran mentimun dan kentang menyerap panas dalam kulit dengan baik. Kentang mengandung anti perdangan. Kadar air yang terkandung dalam mentimun akan membuat kulit anda dingin dan luka bakar membaik. Biarkan pada kulit yang trebakar sampe mongering, Lalu bilas dengan ir dingin. (Bisa dipakai salah satunya : mentimun atau kentang saja)

Lidah buaya

Ambil sebatang Lidah buaya, ambil bagian dagingnya. Lidah buaya ini  dapat digunakan secara aman pada kulit yang terkena luka bakar. Oleskan pada kulit yang terkena luka bakar. Lidahbuaya mampu meredam panas dan sakit luka bakar, sehingga luka bakar cepat pulih dan membaik. Atau bisa anda haluskan (blender), lalu aplikasikan pada kulit luka bakar.

Tomat dan stroberi

Ambil tomat dan stroberi dengan perbandingan yang sama. Cuci bersih dan blender. Oleskan krim alami ini pada kulit luka bakar. Sangat cocok untuk meredam sakit kemerahan pada kulit yang terpapar sengatan matahari. Kandungan air dan vitamin C alami campuran tomat stroberi mampu meredam luka bakar sengatan matahari, mencegah kulit meradang dan menutrisi dari luar. (Bisa dipakai salah satunya : tomat / stroberi saja)

Susu atau Yoghurt

Apliaksikan susu cair murni atau yoghurt plain untuk mengompres kulit yang terbakar matahari. Biarkan selama beberpaa menit, lalu bilas dengan air dingin. Susu atau yoghurt ini juga akan bersifat mengembalikan kulit cerah yang hitam karena terbakar sinar matahari.

Lemon

Peras sari lemon, campur dengan sedikit air. Oleskan pada kulit yang terbakar (sinar matahari). Ekstrak lemon bermanfaat sebagai vitamin C alami yang sangat cepat menyembuhkan kulit terbakar.

Oatmeal (Havermut)

Selain baik untuk sarapan, oatmeal juga dapat menjadi obat yang berguna untuk luka bakar matahari. Campur oatmeal dengan air hingga membentuk pasta. Oleskan pasta oatmeal pada luka bakarmatahari, ini akan berefek mendinginkan kulit. Tunggu hingga mongering, bilas dengan air dingin.

Baking Soda

Cukup campur 3-4 sdm baking soda dengan air. Rendam kapas dalam larutan baking soda. Kompres luka bakar anda dengan larutan baking soda. Diamkan 5-10 menit. Bilas dengan air dingin.

Teh Celup

Perawatan ini dapat sangat membantu untuk luka bakar matahari di area mata. Saat anda berlibur dipantai, lupa memakai kacamata hitam pasti akan rentan terkena luka bakar di area mata. Rendam kantong teh celup dalam air dingin selama beberapa menit, dan kemudian kompreskan kantong the celup untuk luka bakar di area mata. Asam tannic dalam teh dapat membantu meringankan rasa sakit terbakar sinar matahari.

Bahan-bahan alami tersebut sebaiknya anda gunakan pada luka bakar ringan, dengan catatan tidak ada luka yang terbuka. Jika kulit terbakar anda mulai mengering/mengelupas, jangan Anda kelupas dengan sengaja. Karena akan beresiko menjadi luka bakar terbuka. Sebaiknya bilas kulit yang terkena luka bakar dengan air dingin.


0 comments: