Home » , , » Manfaat Kosmetik Untuk menunjang Penampilan

Manfaat Kosmetik Untuk menunjang Penampilan



Secara umum orang menggunakan kosmetik bertujuan untuk mencegah kelainan yang timbul dan mempertahankan kondisi kulit, di samping berkaitan dengan urusan penampilan. Salah satu kosmetik yang dianjurkan adalah pembersih yang terdiri dua bahan dasar utama, yaitu air dan minyak. Pembersih yang berbahan dasar air dapat menghilangkan kotoran seperti debu, tetapi kadang kurang bersih. Face tonic dan astringent merupakan pembersih dan penyegar yang bahannya terdiri dari campuran air dengan alkohol sebanyak 20%-40%  serta ditambah pewangi. 

Ada pula pembersih dengan bahan dasar minyak. Jenis pembersih ini terutama digunakan sebagai pembersih wajah akibat tata rias wajah, kotoran dan sisa lemak.krim pembersih dari jenis ini jika dioleskan mudah diratakan dan dapat meninggalkan lapisan lemak tipis yang berguna bagi jenis kulit kering. Termasuk dalam golongan  ini adalah milik milk cleanser  dan  cream cleaner.

Jenis kosmetik lain yang biasa digunaka oleh wanita adalah pelembab, jenis kosmetik ini berfungsi untuk menarik air atau membentuk lapisan lemak tipis di permukaan kulit sehingga akan mencegah penguapan air. Jenis pelembap ini mempunyai kandungan propilen glikol dan kolagen yang bertujuan untuk mengikat air. Krim seperti emolin merupakan jenis pelembap yang kuat. Jenis pelembap ini biasanya digunakan pada malam hari untuk menghaluskan kulit kering.

Kosmetik berguna juga untuk membantu pengelupasan tanduk yang merupakan bagian dari lapisan epidermis. Sel-sel kulit dari lapisan tanduk yang mati akan segera mengelupas. Proses pengelupasan lapisan kulit mati dapat dibantu lewat kosmetik , Jika terjadi pengelupasan maka sel-sel kulit yang mati akan mengakibatkan kulit menjadi kusam, kasar, kotor, berpori lebar dan terjadi penumpukan pigmen kulit.

Hampir sebagian kosmetik mengandung bahan-bahan kimia. Untuk itu, sebelum suatu merk kosmetik dijual di pasaran terlebih dahulu harus diujikan kepada beberapa orang relawan mengenai keamannya. Dengan pengujian ini dapat diketahui apakah jenis kosmetik yang akan dipasarkan dapat menyebabkan alergi dan gangguan pada kulit yang lainnya atau tidak.

0 comments: