Home » , , » Penyebab Alergi dan Eksim

Penyebab Alergi dan Eksim

Penyakit alergi dan eksim seperti layaknya 2 sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Eksim hanya terdapat pada orang-orang tertentu yang “berbakat” alergi. Pada orang dewasa eksim dapat timbul di semua bagian kulit. Eksim dapat pula menghebat karena trauma psikis.
Bahan atau zat yandapat menyebabkan alergi disebut alergen. Bahan penyebabergi dapat dimasukkan dalam beberapa kelompok berikut:
  • Bahan-bahan kimia : asam kuat, basa kuat, dan deterjen. 
  • Metal ( logam berat) 
  •  Obat-obatan, termasuk didalamnya kosmetik 
  •  Makanan, khususnya yang mengandung protein berbobot  molekul tinggi, seperti telur, udang, kerang, ikan(air laut dan tawar), daging ayam dan kacang tanah. 
  •  Iklim dan sinar matahari. 
  •  Bahan iritan : wol, plastik karet 
  • Serbuk sari dari bunga dan debu. 
  •  Kuman penyakit : staphylococcus aureus, candida albicans. 
  •  Trauma psikis.
 Dua jenis alergi yang sering terjadi dikalangan masyarakat adalah biduran dan ruam. Biduran merupakan reaksi alergi terhadap sesuatu, terutama udara dingin, sedangkan ruam adalah reaksi karena alergi karena bahan pengawet pada makanan dan minuman kaleng.
Tanda – tanda penyakit eksim adalah kulit tampak menjadi tebal dan merah dan timbul bintil – bintil mengandung air atau nanah yang menimbulkan rasa gatal. Apabila bintil bintil itu saling bersambung dan kemudian pecah makan akan terjadi pengelupasan kulit. Nanah yang tersebar akan menular kesekelilingnya. Kulit bagian dalam tampak merah dan lembap karena mengeluarkan air dan kotoran. Jika kotoran basah itu menjadi kering maka tinggallah kerak pada bagian kulit yang sakit. Umumnya eksim menyerang bagian kaki, muka, dan kepala. Namun, kadang-kadang juga menyerang tangan dan pangkal paha.
Hal – hal yang perlu diperhatikan pada penangan penyakit eksim adalah kulit harus selalu dijaga kering dan tidak terkena air atau sabun. Untuk membersihkan bagian yang sakit sebaiknya digunakan kapas yang dibasahi minyak zaitun. Apabila kulit tampak basah atau lembap maka taburi dengan pati garut atau tepung beras yag sudah disaring halus (lebih baik menggunakan patinya yang sudah dijemur kering), makanan penderita harus diatur. Penderita tidak boleh mengosumsi makanan yang pedas dan makanan yang merangsang seperti kopi, tapai, durian, nanas, nangka dan alkohol

0 comments: