Home » » Menjelajahi Candi Uluwatu Dan Mengenal Sejarahnya

Menjelajahi Candi Uluwatu Dan Mengenal Sejarahnya

Pura Uluwatu dikenal juga sebagai Pura Sad Kayangan Uluwatu yang di bangun Abad ke 11 oleh Empu Kuturan. Empu Kuturan membangun Pura Uluwatu sebagai tempat pemujaan Dewa Rudra, Pura Uluwatu dianggap sebagai Benteng Pelindung 9 arah mata angin pulau Bali. Saat mengunjungi Uluwatu sempatkan mampir sampai ke tepi atas tebing karang tempat Pura Luhur Uluwatu berdiri. Menjelajahi Candi Uluwatu lebih terasa berkesan kalau dilakukan sore hari menjelang matahari terbenam.
Pura Luhur Uluwatu memiliki beberapa Pura Pesanakan atau beberapa Pura yang memiliki kaitan erat dengan Pura Induk. Beberapa Pura Pesanakan akan berhubungan langsung dengan Pura Luhur Uluwatu saat berlangsung Pidolahan yaitu bentuk pemujaan terhadap Tuhan dalam agama Hindu kepada Sang Hyang Widi yang akan terjadi setiap 210 hari. Berbeda dengan Pura Tanah Lot yang berada di tengah laut dibangun di atas batu karang, Pura Uluwatu terletak tepat di sisi tebing yang menjorok ke lautan Hindia. Dalam perkembangannya setelah Abad ke 11, Pura Uluwatu pada abad ke 16 sempat dijadikan tempat pendeta Dan Hyang Nirartha untuk Moksa atau istilah untuk menyatu kembali keharibaan Dewata di Pura Uluwatu yang kemudian di kenal menjadi Pura Luhur Uluwatu. Saat masuk kawasan Uluwatu pengunjung akan menemukan 2 candi yaitu Candi Bentar dilokasi muka saat memasuki halaman luar pura dan candi Kurung yang di gambarkan sebagai penjaga dengan simbol arca Ganesha di depannya.
Selain Candi dan Pura Luhur Uluwatu, pengunjung bisa menemukan hutan yang dihuni oleh kawanan kera dan pertunjukan Tari kecak yang dimulai pukul 18. 00 WITA. Tari kecak merupakan tarian tradisional khas Bali, selain di Uluwatu, tari kecak bisa ditemukan di beberapa lokasi wisata lain, namun yang membedakan tari kecak Uluwatu karena saat tarian berlangsung pengunjung selain melihat penari membawakan kisah Ramayana dan Dewi Shinta, pengunjung juga bisa melihat siluet matahari terbenam sebagai latar belakang tari kecak. Menjelajahi Candi Uluwatu memang memberi kesan tersendiri yang membedakan dari lokasi wisata lainnya di Pulau Bali.




0 comments: